FATIMAH, Rasudin (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Youtube terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII MTs Guppi Banjit. Metode penelitian menggunakan Quasy Eksperiment jenis penelitian kuantitatif. dengan desain kelompok kontrol tanpa pretest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Guppi Banjit tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VII A sampai kelas VII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 29 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS, didapatkan hasil nilai signifikan two tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria uji hipotesis bahwa jika signifikan (2. tailed) < 0,05 maka terdapat pebedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran FC terhadap literasi sains peserta didik kelas VII di MTS Guppi Banjit, pada materi kalor. Kata kunci : model pembelajaran flipped classroom, (FC) berbasis youtube, literasi sains
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 06:59 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 06:59 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17284 |
Actions (login required)
View Item |