PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Fadhila, Nissa (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_Revisi.pdf]
Preview
PDF
Download (457kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (526kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_FIXprint.pdf]
Preview
PDF
Download (473kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_FIX_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (625kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (167kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_print.pdf]
Preview
PDF
Download (153kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABE1.pdf]
Preview
PDF
Download (146kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (370kB) | Preview

Abstract

menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan cara mentransfer ilmu dan pengetahuannya terhadap siswa di sekolah agar para siswa tersebut menjadi pribadi yang berjiwa islami dan memilki sifat, karakter dan prilaku yang berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Peran guru sangat penting terhadap kepribadian peserta didik karena guru mampu mendorong peserta didiknya untuk selalu belajar secara efektif. Peran guru agama sebagai motivator artinya bertanggung jawab menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk tetap bersemangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sekolah dan dapat meningkatkan kecerdasan dan jiwa Islami siswa. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif dan kegiatan belajar yang menarik.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah rasa ingin tahu tentang peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator belajar siswa di SMA Negeri 8 Bandar Lampung dan apa faktor apa saja yang mendukung dan menghambat motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator belajar siswa di SMA Negeri 8 Bandar Lampung ? (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat motivasi belajar siswa ? skripsi ini disusun berdasarkan data lapanagn yang menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu analisis data yang digunakan ada 3 yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran guru pendidikan agma Islam sebagai motivator adalah memberikan motivasi berupa menjelaskan tujuan pelajaran, menggunakan metode yang dapat membangkitkan semangat siswa, menciptakan suasana belajar yang menarik, dan lain-lain. Hasil dari pemberian motivasi tersebut adalah adanya rasa semangat yang dimiliki siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru mereka, terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dalam belajar, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Oct 2017 08:38
Last Modified: 27 Oct 2017 08:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item