STUDI META ANALISIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM)

Clara, Ayu Shandra Ade Putri (2022) STUDI META ANALISIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CLARA AYU SHANDRA ADE PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran berbasis pendekatan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) semakain populer diterapkan dengan perkembangan teknologi pada era ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besar pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) terhadap variabel terikat dan kelayakan penggunaan STEM dalam jenjang pendidikan ditinjau dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriftif kuantitatif dengan teknik meta analisis. Populasi dalam penelitian diambil melalui data base Web of Science (WOS), DOAJ Jurnal, dan scopus jurnal. Hingga didapatlah 197 artikel terkait pendekatan STEM dalam pembelajaran fisika, dengan mengkombinasikan kata kunci dari database SCOPUS sebanyak 123 artikel, database DOAJ sebanyak 68 artikel, dan pada database WoS (Web of Science) sebanyak 5 artikel penelitian. Penelitian dilakukan dengan memanfaat JASP sebagai tools dalam penelitian. Diperoleh hasil Secara keseluruhan diperoleh estimasi effect size sebesar 0,891 (kategori efek besar). Hal ini menunjukan bahwa pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dapat memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran fisika secara keseluruhan. Selain itu pendekatan STEM mampu mengakomudimir keterampilan literasi sains, Critical Thinking Skill, meningkatkan prestasi belajar, Problem Solving Skills, HOTS Abillity, Reasioning Skills, Creative Thingking Skill siswa dan variabel terikat lainnya. Serta Berdasarkan besar pengaruh pembelajaran fisika yang menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada jenjang pendidikan memperoleh estimasi Effect size yang cukup besar pada setiap jenjang pendidikan. Jenjang SMA dan perguruan tinggi memiliki estimasi yang hampir sama besar, sehingga dapat di spekulasikan bahwa penerapan pendekatan STEM pada kedua jenjang ini sangat efektif di terapkan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:47
Last Modified: 20 Jan 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17245

Actions (login required)

View Item View Item