ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

NURUL, MUSTAMILA (2022) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-bab 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of nurul skripsi lngkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran fisika SMK secara daring pada masa pandemi covid-19. Indikator penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajan daring mencakup informasi umum, kemampuan pemahaman guru dan peserta didik, media teknologi informasi yang digunakan serta kendala pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitiannya yaitu ethnography. Desain penelitian yang digunakan Tahap Pasca Lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk guru, angket untuk peserta didik kelas X SMK Ma’arif di Kecamatan Sukoharjo yang berjumlah 22 dan juga dokumentasi. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan terkait penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran fisika pada saat pandemi Covid�19 belum dapat dilakukan secara maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yaitu antara lain, inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru fisika dalam penggunaan aplikasi pembelajaran seperti Google Form, Google Classroom, Youtube, WhatsApp dan juga aplikasi pembelajaran yang lain belum cukup membantu peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran fisika secara daring selama pandemi Covid-19. Kata kunci: Teknoligi Informasi, Fisika, Daring, Covid-19 iii Abstract This study aims to analyze the use of information technology in the online vocational school physics learning process during the covid-19 pandemic. Indicators of the use of information technology in the online learning process include general information, the understanding ability of teachers and students, the information technology media used and online learning constraints. This research is a research using a qualitative approach with the research method, namely ethnography. The research design used is the Post-Field Stage. The instruments used were observation sheets for teachers, questionnaires for class X students of SMK Ma'arif in Sukoharjo District, totaling 22 and also documentation. From the results of the analysis of research that has been carried out regarding the use of information technology in the physics learning process during the Covid-19 pandemic, it has not been carried out optimally in achieving the objectives of learning physics. This is caused by many factors, among others, the learning innovations carried out by physics teachers in the use of learning applications such as Google Form, Google Classroom, Youtube, WhatsApp and also other learning applications have not been enough to help students in undergoing the online physics learning process for a long time. Covid-19 pandemic. Keywords: Information Technology, Physics, Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:12
Last Modified: 14 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17114

Actions (login required)

View Item View Item