ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH SELAMA MASA PANDEMI

INDAH, FEBRIYANI (2022) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH SELAMA MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 dan bab 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi indah full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya wabah COVID-19 mengharuskan pendidik melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan aplikasi atau fitur yang tersedia pada dunia teknologi berbasis internet ini guna untuk menekan angka penyebaran wabah di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terkait bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dan faktor apa sajakah yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar daring yang dialami peserta didik kelas XI dan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 121 orang peserta didik kelas XI di SMAN 1 Terusan Nunyai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan analisis data untuk menggambarkan faktor psikologis kesulitan belajar yaitu dengan mencatat hasil wawancara. Hasil penelitian mengenai kesulitan pembelajaran daring selama masa pandemi menunjukkan bahwa pembelajaran ini belum dapat dilakukan secara maksimal hal tersebut di buktikan dengan menurunnya hasil penilaian peserta didik. Banyak faktor yang mempengaruhi belum maksimalnya pembelajaran secara daring diantaranya fasilitas yang belum mendukung sepenuhnya baik dari pihak sekolah maupun pihak peserta didik, seperti ponsel dan konektifitas jaringan.Selain hal di atas faktor penyebab kurang efektifnya pembelajaran daring adalah pengawasan dari pihak sekolah yang tentunya menjadi terbatas dikarenakan peserta didik berada di rumah sehingga sangat di perlukan peran orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anak, namun hal ini terkendala pada orang tua yang keduanya bekerja dan iii sebagian orang tua yang kurang mengetahui penggunaan aplikasi pembelajaran daring.Dengan adanya pengawasan yang kurang maksimal dari sekolah dan orang tua berdampak pada aplikasi pembelajaran yang juga menjadi semakin sulit dikarenakan peserta didik menjadi kurang memiliki minat, motivasi, konsentrasi, kebiasan belajar, dan intelegensi dalam kegiatan pembelajaran daring.Dari deskripsi di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 memiliki tingkat kesulitan yang cukup komplek dari berbagai pihak, baik dari pihak pelaksana pendidikan dalam hal ini guru dan sekolah, maupun dari pihak peserta didik dan orang tua. Kata kunci: Faktor-faktor Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Fisika iv ABSTRACT The existence of the COVID-19 outbreak requires educators to learn boldly (on the network) by utilizing applications or features available in the world of internet�based technology to reduce the number of outbreaks in Indonesia. Therefore, it is necessary to analyze how the learning process is carried out boldly and what factors cause students to experience learning difficulties. This study aims to determine the learning difficulties experienced by class XI students and to determine the causes of learning difficulties. This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this study found 121 students of class XI at SMAN 1 Terusan Nunyai. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and data analysis to describe the psychological factors of learning difficulties, namely by recording the results of interviews. The results of research on learning difficulties during the pandemic show that this learning cannot be done in real terms, this is proven by the decline in student assessment results. Many factors affect the not yet maximally bold learning, including facilities that do not fully support both the school and the students, such as cell phones and network connectivity. In addition to the above, the factors that cause less effective learning are supervision from the school, which of course is limited. students are at home so the role of parents is very much needed to supervise children, but this is constrained by parents who both work and some parents who do not know the use of daring learning applications. With less than optimal supervision from schools and parents Parents have an impact on learning applications which also become difficult because students lack interest, motivation, concentration, study habits, and intelligence in bold learning activities. From the description above, it can v be said that online learning during the covid-19 pandemic has the level of difficulty is quite complex from various parties, both from the education implementers in this case teachers and schools, as well as from the students and parents. Keywords: Learning Difficulties Factors, Online Learning, Physics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:35
Last Modified: 12 Jan 2022 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

View Item View Item