PENGEMBANGAN WEBSITE MATA KULIAH MICROTEACHING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN 2019

Maharani, Kusuma Wardani (2022) PENGEMBANGAN WEBSITE MATA KULIAH MICROTEACHING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN 2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Maharani Kusuma Wardani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK iii Penelitian ini mengenai pengembangan Website mata kuliah Microteaching yang hasil akhir dari penelitian ini akan menjadi media pembelajaran pendukung bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan Microteaching. k kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran sehingga penelitian ini dilakukan dengan bantuan Mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung . Penelitian yang digunakan merupakan metode Research and Development, dengan model Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah dalam tahapan penelitiannya namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tujuh langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Media pembelajaran berupa Website dikembangkan agar dapat digunakan sebagai supplement pendukung pembelajaran mahasiswa Pendidikan Fisika Univertsitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hasil penelitian, diperoleh dengan beberapa validasi dan respon peserta didik dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan penilaian para ahli dengan kriteria “baik” yang artinya dalam kategori produk ini layak dengan hasil persentase validasi ahli materi dengan hasil rata-rata 87,5%, persentase validasi ahli media dengan hasil rata-rata 78,2%, persentase validasi ahli teknologi dengan hasil rata-rata 55,5%. respon peserta didik dilakukan dengan menilai kelayakan dari media pembelajaran berupa Website yang dikembangkan dengan nilai rata-rata penilaian respon peserta didik sebesar 85,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Website mata kuliah Microteaching sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Website dan Microteaching iv ABSTRAK This report is developed for the Website Course Microteaching. The final reprt was conducted by studenst who followed this course by giving medium learning support from other students. Due to the lack of media and online sources about this subject the learning process who carried out by semester VI students of Physics Education Study Program at the Raden Intan State Islamic University Lampung. The report was created by using the Reseacrh and Development method and the usage of the Borg and Gall model. This mdel has ten steps but in this research we limited this to stages that whould apply to the research. The steps used are the following : Potential and problem, Information gathering, Product design, Design validation, Design revision, Product testing, Product revision. Learning about media by making use of Website has been a great addition to support the students of the Raden Intan State Islamic University in Lampung The results of the study were obtained by receiving validations and student responses and were measured on the Likert scale. Based on the assessment of proficient by “good” criteria, means that the product category feasible to the percentage validation by average 87,5%, percentage validation media by average 78,2%, percentage validation technology by average 55,5%, student responses did by marking from the website media learning which improved by the average student responses about 85,9%. The result of research indicated that website development of microteaching is great in media learning. Keywords: Website and Microteaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:52
Last Modified: 10 Jan 2022 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17033

Actions (login required)

View Item View Item