PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERUPA BATIK TULIS LAMPUNG PADA MATERI SUHU KALOR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI

SERA, OKTA PELA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERUPA BATIK TULIS LAMPUNG PADA MATERI SUHU KALOR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SERA OKTA PELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan identifikasi masalah yang ditemukan, yaitu: pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, guru belum menggunakan bahan ajar yang dikaitkan untuk mengenalkan kearifan lokal daerah Lampung, serta guru belum menyisipkan kearifan lokal daerah Lampung pada materi pelajaran. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis kearifan lokal daerah Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan e-modul, mengetahui kelayakan e-modul dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap kemenarikan e-modul fisika berbasis kearifan lokal berupa batik tulis Lampung pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain model pengembangan Borg and Gall. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi ahli media, ahli materi, ahli IT dan respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian ini berupa produk e-modul fisika berbasis kearifan lokal berupa batik tulis Lampung pada materi suhu dan kalor, dan kualitas kelayakan e-modul berbasis kearifan lokal ini berdasarkan ahli media sebesar 90%, ahli materi sebesar 91% dan berdasarkan ahli IT sebesar 82% dalam kategori semua hasil validasi yaitu sangat layak. Kualitas respon guru dan peserta didik terhadap kemenarikan e-modul berbasis kearifan lokal ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, SMA Negeri 1 Sekampung Udik dan SMA Ma‘arif 3 Sekampung Udik dengan dua uji coba, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil dari uji coba kelompok kecil memperoleh hasil total rata-rata sebesar 86% dalam kategori sangat menarik. Hasil uji coba lapangan pada guru memperoleh hasil total rata-rata sebesar 89% dalam kategori sangat menarik dan hasil uji coba lapangan pada peserta didik memperoleh hasil total rata-rata sebesar 82% dalam kategori sangat menarik. Kesimpulan penelitian ini yaitu sangat layak dan sangat menariknya produk e-modul fisika berbasis kearifan lokal berupa batik tulis Lampung pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas xi. Kata Kunci: E-modul, Kearifan Lokal, Suhu dan Kalor. iv ABSTRACT This research was conducted based on the identification of the problems found, namely: distance learning during the pandemic causes learners do not understand the material presented, the teacher has not used teaching materials which are attributed to introducing the local wisdom of the Lampung area, as well as teachers not insert the wisdom of the local area Lampung on the subject matter. So it is necessary to develop learning media based on local wisdom in Lampung. This study aims to describe how to develop an e-module, determine the feasibility of the e-module and determine the response of teachers and learners towards the attractiveness of the e-module as physics�based local wisdom in the form of batik Lampung on the material temperature and heat. Research methods are used in the form of research and development (R&D) with the design of the development model of Borg and Gall. This research data was obtained from the questionnaire validation of media experts, material experts, IT experts, and the response of teachers and learners. The results of this study in the form of the e-module is physics-based local wisdom in the form of batik Lampung on the material temperature and heat, and the quality of the feasibility of e-module based on local wisdom is based on expert media by 90%, material experts of 91% and based on the IT experts of 82% in the category of all the results of validation is very feasible. The quality of the response of teachers and learners towards the attractiveness of e-module based on local wisdom is carried out in three schools, namely SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, SMA Negeri 1 Sekampung Udik, and SMA Ma'arif 3 Sekampung Udik with two trials, i.e. trials small group and field trials. The results from the test group of small gain resulted in the total average of 86% in the category of very interesting. The results of field trials on the teacher to obtain the total yield on average by 89% in the category of very interesting and the results of field trials on the learners acquire the total yield on average by 82% in the category of very interesting. Conclusion This study is very decent and very interestingly the e-module is physics-based local wisdom in the form of batik Lampung on the material temperature and heat for the students of class xi. Keywords: E-module, Local Wisdom, Temperature and Heat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:50
Last Modified: 28 Dec 2021 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16806

Actions (login required)

View Item View Item