EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) BERBANTU ANIMASI DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Jhelin, Pratiwi (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY LEARNING (CCL) BERBANTU ANIMASI DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_JHELIN PRATIWI_1511090062.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik, sehingga suasana kelas menjadi pasif dan juga peserta didik kurang memiliki memiliki pengalaman dalam memecahkan suatu permasalahan secara mandiri, sehingga pemahaman konsep peserta didik berada dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) berbantu animasi digital akan efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP/MTs. Untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik, peneliti menggunakan instrumen berupa three tier test. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan sampel sebanyak dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan tipe Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan adanya tujuan tertentu atau kriteria tertentu, bukan berdasarkan random atau strata. Kelas VIIA digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) berbantu animasi digital. Kelas VIIB digunakan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri yang biasa diterapkan oleh pendidik. Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, maka dilakukan uji-t dan telah diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (2,898>1,66691). Kemudian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) berbantu animasi digital dilakukan uji effect size dan diperoleh hasil sebesar 0,2197 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) berbantu animasi digital efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMP/MTs. Kata kunci: Model pembelajaran, Collaborative Creativity Learning (CCL), Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:00
Last Modified: 13 Dec 2021 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item