PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMKN 5 BANDAR LAMPUNG POKOK BAHASAN KALOR (Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester II Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Efendi , Rachmad (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMKN 5 BANDAR LAMPUNG POKOK BAHASAN KALOR (Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester II Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_Efendi.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap konsep merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran dan memecahkan masalah, baik di dalam proses belajar itu sendiri maupun dalam lingkungan keseharian. Kemampuan memahami konsep menjadi landasan untuk berpikir dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Siswa dikatakan memahami bila mereka dapat mengkonstruksi makna dari pesan-pesan pembelajaran, baik yang bersifat lisan, tulisan ataupun grafis, yang disampaikan melalui pengajaran, buku, atau layar komputer. Untuk memiliki kemampuan tersebut peserta didik perlu adanya latihan, maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti hal tersebut. Salah satu cara yang dapat melatih pemahaman konsep adalah dengan menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Populasi pada penelitian berjumlah 200 peserta didik kelas X (Teknik Otomotif) SMKN 5 Bandar Lampung. Dengan sampel kelas X TO 4 sebagai kelas kontrol dan X TO 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20. Dan untuk mengetahui keterlaksanaan model POE di lakukan observasi. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui, ada atau tidaknya pengaruh model POE terhadap pemahaman konsep peserta didik, setelah dianalisis dengan menggunkan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 5,036 > 2,010. Hal ini menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Oct 2017 03:21
Last Modified: 24 Oct 2017 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item