PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MENGGALA

PUSPITA, RAHAYU (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MENGGALA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PUSPITA RAHAYU_1611090198.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Menggala. Di latarbelakangi oleh proses pembelajaran yang hanya mengandalkan peran dan didominasi pendidik (teacher center), kurang melibatkan peran aktif peserta didik serta laboratorium yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar Fisika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group. Teknnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan cakelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 15 soal pada materi gerak lurus/kinematika dan untuk mengukur minat belajar Fisika peserta didik dilakukan uji angket berupa pernyataan sebanyak 30 nomor. Analisis keberagaman data kemampuan berpikir kritis dan minat belajar Fisika peserta didik yang diperoleh dilakukan dengan uji independent sample t-test (Uji-T). Hasil perhitungan data yang diperoleh dari penelitian ini diuji normalitas dan uji homogenitas pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa data berdistribusi normal memiliki varians yang sama dan ada pengaruh yang signifikan. Kemudian dilanjutkan hasil perhitungan analisis uji hipotesis menggunakan independent sample T test pada variabel kemampuan berpikir kritis peserta didik kedua kelas dapat dilihat nilai Asymp.sig. 0,000 ≤ 0,05, sesuai dengan kriteria uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 4.404 > 1,72 maka perhitungan uji ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, kemudian pada variabel minat belajar Fisika peserta didik kedua kelas dapat dilihat nilai Asymp.sig. 0,000 ≤ 0,05, sesuai dengan kriteria uji hipotesis bahwa thitung > ttabel yaitu 9,431 > 1,72 maka perhitungan uji ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran STEM berbantuan google classroom berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar Fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Menggala. Kata Kunci : Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar Fisika, Pendekatan Pembelajaran STEM iiABSTRACT This studied aiming to know how STEM (Science, Technology, Engineering, and mathematics) learning approach based in google classroom gave an effect about senior high school students’ critical thinking and students’ study interest of physicist. The experiment in this studied was a Quation Experiment designed by Non Equivalent Control Group. Sample has taken by purposive sampling which X IPA 2’s students as an experimental class and X IPA 3 as a control. For measuring their understanding about uniform motion/kinematics, there has 15 essay tests and for measuring their study interest there’s also 30 numbers of declared questions. The variance analyzed of obtaining data were independent analyzed by t-test. The result of obtaining data were calculated tested by normality and homogenity test at control and experiment class shows that there was normal data distribution has a similar variant and significantly effecting. Then, those results were tested by hypothetic test using independent sample T test about the variable of student’s ability for crtically thinking and shows that the score of Asymp.sig. 0,000 ≤ 0,05, which agreed with the hypotheses of Tcalt. > ttable that is 4.404 > 1,72, and it shows the prove that H0 rejected and H1 accepted. Then, the variable of student’s study interest of physicist could saw that the score of Asymp.sig. 0,000 ≤ 0,05 was agreed with the hypotheses of tcalt > ttable that is 9,431 > 1,72 then it shows the prove that H0 rejected and H1 accepted. Those were conclude that STEM learning approach seemingly enhance the students’ critical thinking and students’ study interest of physicist at 2nd Senior High Scool of Mengala X grade. Keyword : Google Classroom, Ability of Critical Thinking, Physicist Study Interest, STEM Learning Approach.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:17
Last Modified: 15 Nov 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16384

Actions (login required)

View Item View Item