PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PT JNE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Cabang PT JNE di Bandar Lampung)

DIRKA, UTAMA (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PT JNE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Cabang PT JNE di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Ilmu pengetahuan dalam teknelogi secara tidak langsung akan mempengaruhi gaya hidup serta perilaku konsumsi seseorang yang terus berubah dan biasanya akan mendorong mereka untuk terus memenuhi segala kebutuhan hidupnya yang tak terbatas, pada era globalisasi kebutuhan jasa pengiriman barang di tanah air semakin meningkat dengan berkembang pesatnya bisnis online saat ini, jasa pengiriman merupakan bagian dari kebutuhan konsumen. Konsumen cenderung mengingikan sesuatu yang bersifat cepat, mudah, aman dan praktis dalam hal pengiriman barang. Faktanya dengan berkembangnya internet, aktivitas jual beli online membuat para konsumen lebih praktis bahkan dengan mudah jasa pengiriman JNE ini mengirim keseluruh Indonesia bahkan Dunia. Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang di tawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dari pada dasar tidak terwujud, Serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. PT JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) melayani masyarakat dalam urusan jasa Kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui Gudang „Rush Handling‟ dengan adanya pengaruh kepercayaan dan kenyamanan maka akan terciptanya kepuasan konsumen jika konsumen merasa percaya dengan adanya pelayanan yang diberikan PT JNE maka rasa kenyamanan akan muncul sehingga para konsumen akan merasa puas dan akan merekomendasikan kepada saudara,kerabat temen dll untuk menggunakan jasa pengiriman tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan,kenyamanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa PT JNE,di antara tujuan tersebut ialah untuk mengetahui Kepuasan Konsumen pengguna jasa PT JNE. Penelitian ini juga untuk mengetahui dan menganalisa Kepercayaan, Kenyamanan dan Kepuasan Konsumen pengguna jasa PT JNE Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan konsumen pengguna jasa PT JNE cabang Bandar Lampung sebagai objek Penelitian. Penelitian ini menggunakan objek penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi peneliti adalah pengguna jasa PT JNE cabang Bandar iii Lampung sebanyak 67 respondent menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas nya. Uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis ini menggunakan uji linier berganda, koefisien determinasi ( R2), uji F, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa PT JNE. Kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen PT JNE. Berdasarkan analisis data. Adapun pada hasil koefisien determinasi (R2) bahwa pengaruh kepercayaan, dan kenyamanan terhadap kepuasan konsumen berarti 58,9% dan sisanya 41,1% oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, kenyamanan, terhadap kepuasan konsumen PT JNE dalam perspektif ekonomi islam dapat dikatakan telah sesuai dengan prinsip- prinsip ekonomi Islam yaitu: profesional, sopan dan ramah,jujur, dan bertanggung jawab Kata Kunci : Kepercayaan, Kenyamanan, dan Kepuasan Kosumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:52
Last Modified: 11 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item