PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

MEILIA, KURNIA SARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MEILIA KURNIA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR KELAS XI DI SMK YADITAMA Pelajaran yang harus di kembangkan pada zaman era globalisasi salah satunya adalah sains. Fisika adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam berupa sains. Berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi kesetimbangan benda tegar dalam pelajaran Fisika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. dengan desain Non Equivalent Control Group. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMK YADITAMA Bandar Lampung. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Reciprocal Teaching.. Hasil penelitian yang telah diperoleh di uji menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa data berdistribusi normal Lhitung<Ltabel untuk kelas eksperimen, Lhitung pretest 0,740773dan Lhitung posttest sebesar 0,6026783 kurang dari Ltabel 1.68 , hasil Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung sebesar 1,18768 dan hasil Posttest diperoleh Fhitung sebesar 1,66969 sedangkan Ftabel sebesar 4,09817 melihat hasil data tersebut diperoleh Fhitung≤Ftabel sehingga diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Thitung>Ttabel yaitu 2. 198 > 2. 08596 yang berarti Ho ditolak dan H1 ditrima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap pemahaman konsep pada materi kesetimbangan benda tegar.ABSTRACT THE EFFECT OF RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TOWARDS UNDERSTANDING OF STUDENTS' CONCEPT ON THE EQUIVALITY OF STUDENTS IN CLASS XI STUDENTS AT SMK YADITAMA One of the lessons that must be developed in the era of globalization is science. Physics is a branch of natural science in the form of science. Based on the results of observations stated that the understanding of students' concepts is still low. The purpose of this study was to determine the magnitude of the effect of the Reciprocal Teaching learning model on students' understanding of the concept of rigid body equilibrium in physics lessons. The type of research used in this research is Quasy Experiment. with Non Equivalent Control Group design. Sampling in this study used a purpose sampling technique. The population of this study were all students of class XI SMK YADITAMA Bandar Lampung. The instruments in this study were test instruments in the form of essay questions to measure students' conceptual understanding abilities, and implementation sheets of Reciprocal Teaching learning. The research results that have been obtained were tested using normality, homogeneity, and hypothesis testing. Based on the research data, it was obtained that the data were normally distributed Lcount <Ltable for the experimental class, Lcount for the pretest 0.740773 and Lcount for the posttest of 0.6026783 less than Ltable 1.68, the results of the Pretest experimental class and control class obtained Fcount of 1.18768 and the Posttest results obtained Fcount of 1.66969 while Ftable of 4.09817 see the results of the data obtained Fcount Ftable so tested using the t-test with a significant level of 0.05 obtained the results Tcount>Ttable that is 2.198> 2.08596 which means Ho is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an effect of the Reciprocal Teaching model on understanding the concept of rigid body equilibrium material

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:08
Last Modified: 02 Nov 2021 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item