PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE POCKET BOOK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Armela, Kiki Rizki (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE POCKET BOOK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Mobile Pocket Book media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0 masih jarang digunakan disekolah karena terbatasnya kreativitas dan inovasi dari para pendidik. Pengembangan Mobile Pocket Book ini menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi kejenuhan peserta didik. Penelitian ini dengan mengikuti metode penelitian Research and Development (R&D) mengikuti 10 langkah prosedur Borg dan Gall dan dibatasi pada tujuh tahapan: yang meliputi1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk. Untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan digunakan angket yang diberikan kepada para validator materi dan media, Sedangkan untuk mengetahui respon peserta didik sekaligus uji coba produk dilakukan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk yang dikembangkan berupa Mobile Pocket Book sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran setelah produk divalidasi oleh validator, produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata dari ahli media sebesar 91%, ahli materi sebesar 96,03%, hasil kemenarikan peserta didik sebesar 88,42% untuk uji coba kelompok kecil dan 84,7% untuk uji coba lapangan, dan tanggapan guru sebesar 87,92%. Mobile Pocket Book sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:34
Last Modified: 18 Oct 2017 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item