PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Mega Indriana Jaya - Toko Buah Alpukat Bang Panji Bandar Lampung)

Khairunnisaa, Khairunnisaa (2021) PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Mega Indriana Jaya - Toko Buah Alpukat Bang Panji Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini pebisnis semakin kompetitif dalam bersaing mengenalkan produknya. Hal ini tentu saja perlu menggunakan penunjang untuk menarik konsumen. Citra merek dan kualitas produk sangat diutamakan dalam bisnis, karena saat penjual mengutamakan kualitas produk maka citra dari usaha tersebut akan terbentuk. Hal ini juga perlu didukung dengan pemasaran digital guna memperluas pemasaran agar lebih luas dikenal masyarakat sehingga dapat memicu konsumen untuk melakukan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, apakah citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, bagaimana citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital pada Toko Buah Alpukat Bang Panji Bandar Lampung berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian berdasarkan perspektif ekonomi Islam studi pada Toko Buah Alpukat Bang Panji Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian manajemen bisnis syariah dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan unknown population. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dan metode yang dipilih adalah random sampling. Data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner tertutup kepada 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS 20. Hasil uji t variabel citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital menunjukkan bahwa ketiga variabel X tersebut secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dimana nilai thitung kedua ketiga variabel > nilai ttabel yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 2,574 > 1,986 dengan nilai signifikansi 0,012 untuk X1, 3,426 > 1,986 dengan nilai signifikansi 0,001 untuk X2 dan 4,092 > 1,986 dengan nilai signifikansi 0,000 untuk X3 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan h0 ditolak. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara citra merek kualitas produk dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian konsumen, baik itu jika diuji secara parsial ataupun simultan. Jika ditinjau berdasarkan perspektif ekonomi Islam, penerapan citra merek, kualitas produk dan pemasaran digital yang diberikan oleh pihak Toko Buah Alpukat Bang Panji Bandar Lampung dapat dikatakan cukup sesuai dengan sifat serta prinsip Islam saat berbisnis. Sifat – sifat tersebut meliputi rabbaniyah, akhlaq’iyyah dan al-waq’iyyah. Kata Kunci: Citra Merek, Ekonomi Islam, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Pemasaran Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:10
Last Modified: 13 Oct 2021 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item