PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI FISIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

EVA, ARLUVI DIANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI FISIKA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-EVA ARLUVY DIANA-1511090189.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi fisika peserta didik kelas vii mts muhammadiyah sukarame bandar lampung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimen. dengan desain Non Equivalent Control Group . Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Problem Posing. Hasil penelitian yang telah diperoleh di uji menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa data berdistribusi normal Lhitung<Ltabel untuk kelas eksperimen, Lhitung pretest 0,09959dan Lhitung posttest sebesar 0.13881kurang dari Ltabel 0,156 , hasil Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung sebesar 1,169 dan hasil Posttest diperoleh Fhitung sebesar 0,68811sedangkan Ftabel sebesar 4 melihat hasil data tersebut diperoleh Fhitung≤Ftabel sehingga diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Thitung>Ttabel yaitu 5,7 > 4 yang berarti Ho ditolak dan H1 ditrima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem posing terhadap pemahaman konsep pada materi pemanasan global. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Quasy eksperiment, Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif iiiiv ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of the problem posing learning model on the ability to think creatively in the physics material of the seventh grade students of MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The type of research used in this research is Quasy Experiment. with Non Equivalent Control Group design. Sampling in this study used a purpose sampling technique. The population of this study were all seventh grade students of MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. The instruments in this study were test instruments in the form of essay questions to measure students' creative thinking skills, and the implementation sheet for Problem Posing learning. The research results that have been obtained are tested using normality, homogeneity, and hypothesis testing. Based on the research data, it was obtained that the data were normally distributed Lcount < L table for the experimental class, L count for the pretest 0.09959 and L count for the posttest of 0.13881 less than L table 0.156. Ftable of 4 saw the results of the data obtained Fcount Ftable so that it was tested using a t-test with a significant level of 0.05, the results were Tcount > T table, namely 5.7 > 4 which means Ho is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an effect of the problem posing model on understanding the concept of global warming material. Based on the results of research and discussion, it is concluded that the problem posing learning model has an effect on students' creative thinking abilities. Keywords: Quasy experiment, Problem Posing, Creative Thinking Ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:21
Last Modified: 17 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item