PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTU STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

ELSA, PRAMUDYA WARDANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTU STRATEGI POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan suatu aktivitas mental (psikis) yang berlangsung dalam interaksi dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan yang bersifat relatif konstan. Pembelajaran fisika harusnya menekankan pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik sehingga peserta didik memperoleh pemahaman mendalam tentang alam sekitar dan prospek lebih lanjut dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil pra penelitian menyatakan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran fisika masih rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata peserta didik masih di bawah KKM. Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Inkuiri berbantu strategi POE (Predict, Observe, Explain) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive, dengan kelas X SIJA sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKRO 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik adalah instrument tes berupa pilihan jamak three-tier test diagnostic berjumlah 15 soal dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri berbantu strategi POE. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan penggunakan rumus uji-t, didapatkan hasil thitung = 5,368 dan ttabel = 1,995, sehingga thitung > ttabel. Dari hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantu strategi POE (Predict, Observe, Explain) terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X pada mata pelajaran fisika di SMK Negeri 9 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:18
Last Modified: 01 Sep 2021 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item View Item