PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK FISIKA DENGAN APLIKASI SMARTPHONE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

ASTUTI, JAYA LESTARI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOMIK FISIKA DENGAN APLIKASI SMARTPHONE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ASTUTI JAYA REVISI FULL3.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan komik fisika berbasis pendidikan karakter termasuk dalam jenis penelitian RnD (Reseacrh and Development) yang ditujukan agar dapatmenghasilkan media pembelajaran aplikasi komik fisika dengan menggunakan aplikasi smartphone menggunakan materi momentum dan impuls yang menarik dan mampu menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik.Desain pengembangan yang digunakan ialah desain Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, namun dalam peneliti hanya menggunakan 6 tahapan saja karena tujuan dari dilakukannya penelitian ini telah terjawab pada tahap ke 6. Adapun objek penelitian terdiri dari dua kelompok uji coba yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. dalam penelitian ini peneliti mengintegrasikan pendidikan karakter pada komik fisika yang menjadi kebaruan ide dari pengembangan komik fisika lainnya. Adapun hasil penelitian menunjukan kriteria sangan layak bedasarkan penilaian para validator ahli media pembelajaran, ahli materi fisika, ahli IT dan ahli Bahasa Indonesia dengan persentase rata-rata seluruh penilaian yaitu sebesar 85%. Sedangkan pada uji coba lapangan dan kelompok kecil hasil yang didapatkan yaitu 80% dengan kriteria sangat layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah pada materi momentum dan impuls. Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Pendidikan Karakter, Momentum, Impuls. iiABTRACT The research employed the Research and Development method to produce a comic application as a physics learning media using smartphones on momentum and impulse materials. The developed product is expected to be an interesting media and can instill character education to students. The development design used was proposed by Borg & Gall, which consisted of ten stages. However, the researchers only applied sixstages because this research has been accomplished at the sixth stage. The researchersconducted two types of trials, namely small-group and field trials. The research data had been collected using questionnaires, interviews, and documentation to be analyzed using qualitative analysis techniques. The researchers integrated character education in physics comics, a novel idea compared to the other physics comics. This research showed that the criteria were highly feasible based on the validators' assessments, which consisted of learning media experts, physics experts, IT experts, and Indonesian language experts, with an average percentage of all assessments of 85%. The field trial and the small-group trial obtained a percentage of 80% with very feasible and interesting criteria for the physics learning process on momentum and impulse materials. Keywords: Learning Media, Comics, Character Education, Momentum, Impulse.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:28
Last Modified: 26 Aug 2021 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item