PEN GA RU H M ODEL PE MBE LAJARAN WONDERING EXPLORING EXPLAINING (WEE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI CURIOSITY

ULFA, IQOH (2021) PEN GA RU H M ODEL PE MBE LAJARAN WONDERING EXPLORING EXPLAINING (WEE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI CURIOSITY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Ulfa Iqoh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari curiosity. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bunga Mayang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE), kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji analisis variansi dua arah sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, pada hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh curiosity tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) dengan curiosity terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran WEE, pemahaman konsep matematis dan curiosity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:45
Last Modified: 13 Aug 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item