Safitri, Riyanita
(2017)
PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN
AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V C MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 6 ULUM
SUKAMAJU KECAMATAN JATIAGUNG
LAMPUNG SELATAN TAHUN
AJARAN 2016/2017.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Metode Sosiodrama merupakan metode pembelajaran yang cukup baik yang
diterapkan oleh peneliti dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Tujuan
dari pemilihan metode ini adalah untuk membuat pelajaran lebih menyenangkan dan
peserta didik dapat menerima sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta
didik MIN 6 Ulum Sukamaju Lampung Selatan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas
belajar peserta didik kelas V C MIN 6 Lampung Selatan. Oleh karena itu peneliti
berupaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode
sosiodrama sebagai metode pembelajaran. Maka dari itu diperoleh rumusan masalah
apakah dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran dapat
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik . Alat pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan lembar obsevasi dan dokumentasi serta wawancara pada
aktivitas belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan
menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran.
Hal ini dilihat dari adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode
pembelajaran. Pada Siklus I pertemuan I rata-rata aktivitas peserta didik 49,523.
peserta didik yang mencapai ketuntasan 6 peserta didik dengan persentase 28,57%,
sedangkan peserta didik yang belum tuntas mencapai 15 peserta didik dengan
persentase 71,42%. Pada siklus II pertemuan II rata-rata aktivitas peserta didik 80.
Peserta didik yang mencapai ketuntasan 19 peserta didik atau 90,47% sedangkan 2
peserta didik dengan persentase 9,5% belum tuntas. Hal tersebut dapat di simpulkan
bahwa penerapan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran dapat
meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V C MIN 6 Ulum Sukamaju
Lampung Selatan.
Actions (login required)
 |
View Item |