PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

IDAUL, FITRIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL (IDAUL FITRIA).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan mengetahui pengaruh antara peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dengan peserta didik yang memiliki motivasi rendah terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental search) dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan anova dua jalan dengan desain factorial 2x2. Hasil uji hipotesis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:1) Taraf signifikansi 0,04 < 0,05 sehingga H0A ditolak H1A diterima maka terdapat pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik. 2) Taraf signifikansi 0,01 < 0,05 sehingga H0B ditolak H1B diterima maka terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci : Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:00
Last Modified: 09 Jul 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item