STUDI META ANALISIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM)

Emma, Suganda (2021) STUDI META ANALISIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Emma Suganda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di abad ke-21 pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) semakin populer, dan seiring dengan berkembangnya teknologi pendekatan STEAM mulai diimplementasikan diberbagai lingkungan pembelajaran SD, SMP, dan SMA. Dari pernyataan tersebut makalah tugas akhir ini bertujuan untuk membahas terkait kontribusi dalam penggunaan pendekatan STEAM menggunakan studi meta-analisis berdasarkan jenjang pendidikan yang dimulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) serta untuk mengetahui hasil kontribusi STEAM berdasarkan variabel terikatnya. Melalui studi meta-analisis ini peneliti akan membahas bagaimana pembelajaran mengakomodir STEAM mampu keterampilan berpikir kreatif, kritis, pengusaan konsep, pemecahan permasalahan dan hasil belajar siswa serta variabel terikat lainnya, selain itu peneliti juga akan meneliti seberapa besar kontribusi pendekatan STEAM dalam proses pembelajaran di kelas. Studi meta- analisis ini dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel di database Scopus, DOAJ dan ERIC. Sebanyak 11 artikel ilmiah yang terpilih ini berdasarkan kata kunci STEAM education dan STEAM physics education yang telah dianalisis sesuai dengan kriteria untuk dijadikan data di pembahasan, kemudian artikel dianalisis menggunakan landasan dasar meta-analisis yaitu Effect Size, maka untuk menjawab rumusan masalah penelitian perlu menggunakan teknik meta-analisis pada besar nilai Effect Size. Hasil analisis dari artikel menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pembelajaran di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) selain itu pendekatan STEAM juga memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, kritis, pengusaan konsep, pemecahan permasalahan serta hasil belajar siswa. namun penelitian tentang STEAM yang berkaitan dengan pelajaran fisika belum banyak diterapkan terkhusus di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:38
Last Modified: 08 Jul 2021 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item