PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA RANAH KOGNITIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH

DEVI, ANJAR RIYANI (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA RANAH KOGNITIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Pengembangan instrumen penilaian autentik pada ranah kognitif dengan pendekatan saintifik pada Pokok Bahasan Fluida Statis SMA/MA Ini dilakukan bertujuan : 1). Mengetahui kelayakan produk dari instrumen penilaian autentik yang dikembangkan. 2). Mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian autentik pada ranah kognitif dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Seputih Agung. Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara random.. Instrument yang digunakan adalah angket sikap ilmiah dengan 3 indikator yaitu kritis, rasa ingin tahu dan terbuka/kerja sama, dimana instrumen telah di validasi oleh pakar. Penelitian menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan sikap ilmiah dengan mengelompokkan peserta didik dalam 4 kriteria yaitu sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah, dengan persentase sangat tinggi sebesar 21,2%, tinggi 36,4%, rendah 27,3% dan sangat rendah 15,1% selanjutnya dianalisis berdasarkan indikator ketercapaian sikap ilmiah, sikap kritis sebesar 57,47%, terbuka dan kerja sama sebesar 69,16% dan yang tertinggi sikap rasa ingin tahu sebesar 74,85%. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Seputih Agung yang diajar menggunakan pendekatan saintifik tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:22
Last Modified: 01 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item