EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA

FEBI, YUNIKA SARI (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SCHOOLOGY DAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FEBI YUNIKA SARI fullpdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FEBI YUNIKA SARI BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada Kegiatan Pembelajaran Terdapat Proses Pentranferan Ilmu dari pendidik ke peserta didik sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran pendidik melakukan suatu pendekatan terhadap peserta didik guna memudahkan pendidik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pra-penelitian menhatakan bahwa Pemahaman Konsep dan Kemampuan Generik Sains peserta didik masih tergolong rendah juga pengaplikasian pembelajaran Blended Learning belum terjalan dengan efektif dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh Pembelajaran Blended Learning berbantuan Schoology Terhadap pemahaman konsep Peserta didik. Mengetahui pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Schoology Terhadap Kemampuan Generik Sains Peserta Didik. Mengetahui pengaruh Pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom Terhadap pemahaman konsep Peserta didik. Mengetahui pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Generik Sains Peserta Didik. Untuk mengukur pemahaman konsep dan kemampuan generik sains peserta didik peneliti menggunakan soal tes berbentuk Two-Tier multiple choice sebanyak 10 butir soal. Penelitian dilakukan di SMA MUHAMMADYAH 1 PURBOLINGGO, Lampung Timur pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni quasy eksperiment dengan desain The Static Group Pretest�Posttest Design, Dengan teknik Purposive Sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan data hasil Hasil perhitungan yang didapatkan dari hasil penelitian ini perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas data yang diperoleh homogen dan normal kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis uji parametrik menujukkan taraf signifikansi 0,003 lebih kecil dari Sig 0,005 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Uji Statistik diatas menunjukkan bahwa Pemahaman Konsep dan Kemampuan Generik sains Peserta didik sesudah dan sebelum dilakukannya model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Schoology terdapat perbedaan. Melihat hasil rata-rata postest kelas eksperimen 1 dibandingkan kelas eksperimen 2 dapat disimpulkan bahwa Hal ini menunjukan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Schoology terhadap pemahaman konsep dan kemampuan generik sains peserta didik pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:29
Last Modified: 15 Jun 2021 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14626

Actions (login required)

View Item View Item