PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR KELAS X SMA/MA

Rahmawati, Eis (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR KELAS X SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa masih banyak guru yang memberikan nilai kepada peserta didik hanya melalui panilaian ranah kognitif saja. Sedangkan penilaian pada kurikulum 2013 ini dilakukan melalui proses pembelajaran, bukan hanya nilai akhirnya saja. Salah satu penilaian yang dapat membantu guru dalam memberikan nilai peserta didik yaitu melalui penilaian otentik. Karena penilaian otentik ini digunakan selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu dengan menggunakan tiga ranah. Ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangan penilaian otentik dengan pendekatan saintifik pokok bahasan gerak melingkar kelas X. (2) Mengetahui Proses validasi instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. (3) Mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian (R&D) yaitu dengan 7 tahapan, yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayan instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist dan angket respon guru sama seperti angket untuk validasi ahli. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini : (1) instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik pokok bahasan gerak melingkar kelas X. (2) Kelayakan instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli evaluasi sangat baik dengan skor setelah revisi masing-masing sebesar 85,16% dan 90,7%. Respon guru pada uji coba produk adalah sangat baik dengan skor 94,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian otentik dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu pedoman untuk mengetahui hasil belajar peserta didik secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:12
Last Modified: 24 Feb 2017 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item