SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) DI PENDIDIKAN SAINS: ANALISIS BIBLIOMETRIK DAN PEMETAAN LITERATUR PENELITIAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK VOSVIEWER

Kurnia, Santi (2021) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS (STEAM) DI PENDIDIKAN SAINS: ANALISIS BIBLIOMETRIK DAN PEMETAAN LITERATUR PENELITIAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK VOSVIEWER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ilmu pengetahuan berasal dari cara, gaya, dan teknik yang dikembangkan oleh manusia untuk merespon lingkungan seperti mencari penjelasan, pemahaman, pengalaman, dan solusi terhadap fenomena sekitarnya. Dunia bergerak, waktu bergerak begitupun dengan manusia.. Berbagai aspek kehidupan berubah seiring perkembangan zaman, perkembangan yang bergerak cepat kerap kali menuntut bidang pendidikan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran di sekolah dengan apa yang akan siswa hadapi di dunia nyata pascasekolah. Maka lahirlah berbagai model dan pendekatan pembelajaran untuk melatih skill agar mereka mampu menjawab tantangan masa depan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan bibliometrik. Objek penelitian yaitu data bibliografi manuskrip yang diperoleh dari web scopus dipetakan dan dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan catatan lapangan. Penulis menganalisis 30 artikel dari 25 jurnal terkemuka dari 1 januari 2013 hingga 31 agustus 2020 (periode 8 tahun) artikel tersebut di tulis oleh 91 penulis yang terkait dengan 64 institusi di 13 negara. Korea Selatan muncul sebagai negara paling produktif, Jeonju University dan Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan institusi paling produktif. 91% penulis dalam publikasi ini hanya memiliki 1 publikasi 8% memiliki 2 publikasi dan 1% lain nya memiliki 3 publikasi. Pengklasifikasian diklasifikasikan berdasarkan pada kedekatan bahasan kata kunci yang mewakili fokus utama studi. Sebaran kata kunci tersebar di 5 kelompok (cluster) dengan kata kunci paling sering muncul STEAM, STEAM education, students, engineering education, computer aided instruction, education computing, e-learning, learning environments, virtual reality, curricula, dan education. Penelitian pengembangan masih relatif sedikit baik pengembangan platform atau asesmen, pengembangan dan penggunaan beragam teknologi, pengembangan skenario pembelajaran, dan kemampuan guru sebagai fokus penelitian juga adalah hal yang penting karena guru instruktur kegiatan pembelajaran di kelas. Pertumbuhan penelitian di berbagai subject area relatif masih sedikit pengujian dan komparasi efektivitas juga pengintegrasian STEAM di berbagai bidang atau topik materi perlu diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:44
Last Modified: 29 Apr 2021 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item