EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SOMATIC AUDIOTORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO

MARATUS, SOLIHA (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SOMATIC AUDIOTORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan interaksi antara peserta didik dengan guru, dimana dalam proses belajar mengajar peserta didik akan mengalami yang namanya perubahan. Fisika termasuk salah satu cabang dari sains, pada hakikatnya yang berisikan tentang pengetahuan, penyelidikan dan berfikir. Tujuan pembelajaran fisika adalah untuk membangun pemahaman konsep peserta didik yang dapat digunakan bagi mereka untuk menjelaskan fenomena fisika dan memecahkan persoalan terkait. Namun kenyataannya, berdasarkan hasil pra penelitian menyatakan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran fisika masih rendah atau belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model pembelajaran problem solving dengan pendekatan somatic audiotory visualization intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didikkelas XI SMA Ma‟arif NU 5 Purbolinggo. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma‟arif NU 5 Purbolinggo tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Ma‟arif NU 5 Purbolinggo . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, dengan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrument untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik adalah instrument tes berupa pilihan jamak three-tier test diagnostic berjumlah 15 soal dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan somatic audiotory visualization intellectualy (SAVI) Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, didapatkan hasil = 2,973 dan = 2,011 , sehingga > . Dari hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan somatic audiotory visualization intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA Ma‟arif NU 5 Purbolinggo. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Problem Solving, dan Pendekatan Somatic Audiotory Visualization Intellectualy (SAVI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:17
Last Modified: 23 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item