P E N GA R U H M OD E L P E M B E L A J A R A N RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SELF-REGULATION PADA MATERI FISIKA

MEILYZA, RIMASARI (2021) P E N GA R U H M OD E L P E M B E L A J A R A N RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SELF-REGULATION PADA MATERI FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) terhadap kemampuan metakognitif dan self regulation pada materi fisika. Untuk mengukur kemampuan metakognitif peserta didik dilakukan tes dengan soal essay yang berjumlah 10 soal pada materi gerak melingkar. Untuk mengukur self regulation peserta didik dilakukan uji dengan menggunakan angket berupa pertanyaan sebanyak 28. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas, data yang diperoleh pada kemampuan metakognitif terdistribusi secara normal dan bersifat homogen, kemudian dilanjutkan uji hipotesis One Way Anova menunjukkan taraf signifikan 0,032 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian, pada data angket self regulation terdistribusi secara normal dan bersifat homogen, uji hipotesis didapatkan hasil signifikan 0,042 < 0,05, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif dan self regulation peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran REACT terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil uji effect size yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan self regulation peserta didik. Kata kunci : model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT), kemampuan metakognitif, self regulation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:18
Last Modified: 31 Mar 2021 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item