PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METACOGNITIVE SKILL PESERTA DIDIK

RANI, SEPTIYENI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METACOGNITIVE SKILL PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1, BAB 2 + DAPUS.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berfikir kritis dan metacognitive skill peserta didik. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal essay berjumlah 10 soal pada materi gerak lurus dan metacognitive skill peserta didik dilakukan menggunakan uji angket berupa pernyataan sebanyak 25 nomor. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMA N 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data tes, angket, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogen diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti bahwa sig< 0,05 sehingga H1 diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berfikir kritis dan metacognitive skill peserta didik. Hasil uji hipotesis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berfikir kritis. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving dengan pendekatan STEM terhadap metacognitive skill peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Pendekatan STEM, Kemampuan Berfikir Kritis, Metacognitive Skill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:32
Last Modified: 30 Mar 2021 05:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item