Tolani, Hadi (2017) Upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sidang Sido Rahayu Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (512kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (202kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (297kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (216kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (524kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (90kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (100kB) | Preview |
Abstract
Guru adalah komponen penting didalam pendidikan. Guru terlibat langsung dalam proses pendidikan dan pembentukan karakter dan aklak siswa. Mengingat perkembangan akhlak siswa yang saat ini semakin memprihatinkan, sebagaimana munculnya banyak keluhan dari orang tua tentang anak yang sulit diatur. serta sering tidak menghiraukan orang tua bahkan justru lebih mementingkan bermain daripada belajar. Dari hasil pengamatan pra survey yang penulis lakukan di MI Miftahul Huda Sidang Sido Rahayu Rawajitu Utara, penulis menemukan sebuah permasalahan tentang penangan pembinaan Akhlak yang dilakukan oleh guru untuk para siswa di MI Miftahul Huda. Melihat hal tersebut penulis merasa tertarik untuk melakukan pengamatan lebih jauh tentang bagaimana upaya penanaman pendidikn akhlak yang dilakukan oleh guru terhadap anak di MI Miftahul Huda Oleh karena hal tersebut maka Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru dalam pembinaaan akhlak?. 2) Bagaimana proses dalam, pembinaan akhlak? 3)Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MI Miftahul Huda Rawajitu Utara. 4) Bagaimana solusi dalam menghadapi kendala pembinaan akhlak siswa di MI Miftahul Huda Rawajitu Utara?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dan termasuk penelitian kwalitatif, Berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) Perencanaan yang dilakukan guru dalam pembinaan akhlak siswa di MI Miftahul Huda Rawajitu Utara.. 2) Proses yang digunakan oleh guru dalam pembinaan akhlak adalah Menggunakan metode pembiasaan, dengan membiasakan berakhlak terpuji Menggunakan metode keteladanan, Menggunakan metode ganjaran dan hukuman yakni, memberikan hadiah kepada yang berbuat baik dan memberikan sanksi kepada yang berbuat kejelekan. Menggunakan metode ceramah, dengan jalan memberikan penuturan dan penerangan secara lisan kepada siswa 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa, a) terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah, b) kurangnya kesadaran siswa c) pengaruh lingkungan d) pengaruh tayangan televisi 4) solusi dari kendala pembinaan akhlak siswa a) untuk mengatasi kurangnya pengawasan dari guru, maka pihak guru agama memberikan pendidikan kesadaran. Dan memberikan hikmah keteladanan kepada para siswa.. b) untuk mengatasi pengaruh lingkungan dan tayangan televisi guru menekankan kepada pergaulan siswa agar bergaul dengan anak – anak baik dan membatasi tayangan televisi yang dilakukan oleh orang tua
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 08:21 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 08:21 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |