PENGEMBANGAN SENSOR SUARA BERBASIS MICRO KONTROLER (ARDUINO UNO) PADA LAMPU SEBAGAI SALAH SATU PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

FATHUR, ROHMAN (2021) PENGEMBANGAN SENSOR SUARA BERBASIS MICRO KONTROLER (ARDUINO UNO) PADA LAMPU SEBAGAI SALAH SATU PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI FATHUR ROHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK ..   FATHUR ROHMAN.pdf] PDF
Download (605kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa alat sensor suara dengan mengetahui respon validator ahli, pendidik, peserta didik menggunakan Arduino Uno sebagai salah satu praktikum pada materi elektronika dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian R&D menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini menghasilkan sebuah produk alat lampu sensor suara menggunakan Arduino Uno yang di gunakan sebagai salah satu praktikum elektronika dasar di jurusan pendidikan fisika UIN Raden Intan Lampung. Hasil validasi oleh tim ahli di peroleh persentase sebagai berikut: Ahli media mendapat persentase sebesar 90,9% dengan predikat sangat baik untuk di gunakan, ahli materi mendapat persentase sebesar 90,15% dengan predikat sangat baik untuk di gunakan, untuk pendidik dengan menggunakan uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 90,7. Adapun kelebihan dari alat lampu sensor suara ini adalah: Mempermudah pengguna dalam menyalakan lampu tanpa harus menekan tombol ON / OFF. Alat dan bahan yang di gunakan sangatlah mudah untuk di cari, pembuatan alat sangat mudah untuk di pahami dan untuk di pelajari. Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan pengembangan sensor suara berbasis micro kontroler (Arduino Uno) sebagai salah satu praktikum elektronika dasar di jurusan pendidikan fisika UIN Raden Intan Lampung memenuhi syarat dengan kualitas sangat baik untuk di gunakan dalam praktikum elektronika dasar. Keyword : Arduno Uno, Sensor Suara, Relay, Elektronika Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:01
Last Modified: 02 Mar 2021 06:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item