PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE DENGAN PENDEKATAN PHYSICS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER PADA PEMBELAJARAN FISIKA

RIA, RASTIKA SARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE DENGAN PENDEKATAN PHYSICS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran ICARE dengan pendekatan physics edutainment terhadap kemampuan creative problem solving peserta didik ditinjau dari gender pada pembelajaran fisika bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE dengan pendekatan physics edutainment, pengaruh gender, serta interaksi antara model ICARE dengan physics edutainment dan gender untuk meningkatkan creative problem solving peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental research. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK YP 17 Baradatu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan soal essay untuk mengukur creative problem solving dan melihat pengaruh gender-nya beserta interaksi keduanya. Uji hipotesis menggunakan uji anova dua jalan (two way anova) dengan desain faktorial 2x2. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan hasil 0,000 <0,05 maka H0A ditolak atau H1A diterima, hasil yang kedua 0,982 > 0,05 menunjukkan bahwa H0B diterima atau H1B ditolak, dan hasil yang terakhir adalah 0,063 > 0,05 sehingga H0AB diterima dan H1AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE dengan pendekatan physics edutainment terhdapat kemampuan creative problem solving. 2) tidak adanya pengaruh gender terhadap kemampuan creative problem solving. 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran ICARE dengan pendekatan physics edutainment terhadap kemampuan creative problem solving dan perbedaan gender. Kata Kunci : Model Pembelajaran ICARE, Pendekatan Physics Edutainment, Gender, Creative Problem Solving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:51
Last Modified: 02 Mar 2021 05:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item