PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENDTION (ICARE) DENGAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZTION, INTELLECTUALLY (SAVI) PADA MATERI KINEMATIKA

Chay, Melazona (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENDTION (ICARE) DENGAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZTION, INTELLECTUALLY (SAVI) PADA MATERI KINEMATIKA. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya IPTEK saat ini mulai mengalami masa transisi dari media cetak berangsur dan beralih menjadi media digital. Hal ini berdampak pada dunia pendidikan, terutama dalam hal penyajian media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Elektronik Modul (emodul) Fisika Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extendtion (ICARE) dengan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) pada Materi Kinematika sebagai alternatif media pembelajaran dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik dari beberapa SMK yang ada di Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model analysis, design, development, implementation, evaluasi (ADDIE). Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli materi dan ahli media, dan ahli agama. Setelah itu, peneliti melakukan uji kemenarikan produk dengan 3 pendidik untuk melihat respon pendidik, uji kelompok kecil oleh 50 peserta didik dari beberapa SMK di Kotaagung dan uji coba lapangan oleh 104 peserta didik dari beberapa SMK di Kotaagung untuk melihat respon peserta didik, Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-modul fisika berbasis ICARE dengan pendekatan SAVI pada materi Kinematika yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari dua validator ahli media memproleh nilai rata-rata 84% dengan kategori sangat layak, tiga validator ahli materi memperoleh nilai rata-rata 92% dengan ketgori sangat layak, satu valiidator ahli agama memproleh nilai ratarata 90%. Respon pendidik memperoleh nilai 88% dengan kriteria sangat menarik, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 75% dengan kategori sangat menarik, dan uji coba lapangan memperoleh nilai 84% dengan kategori sangat menarikyang berarti e-modul menarik bagi peserta didik. Kata Kunci : E-modul, ICARE, SAVI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:42
Last Modified: 22 Feb 2021 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item