PENGARUH METODE HYPNOTEACHING MELALUI NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN

Nadiyah, Agustin Wulandari (2021) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING MELALUI NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Hypnoteaching diartikan berdasarkan bahasa terdiri dari kata ―hypnosis” dan ―teaching‖, yang memiliki makna sebagai sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik yang berlaku dalam hypnosis (menggunakan bahasa alam bawah sadar). Hypnoteaching terdiri dari lima metode belajar mengajar, salah satunya yaitu NLP. Neuro Linguistic Programming (NLP) memiliki definisi sebagai pola-pola yang diciptakan dari hubungan antara otak (cara berfikir), bahasa dan kondisi tubuh (program atau strategi dalam berfikir dan berprilaku). Dengan kalimat lain NLP yaitu pengaruh yang ditimbulkan oleh bahasa terhadap pikiran dan prilaku seseorang. Perubahan perilaku seseorang dapat dilakukan dengan cara melakukan programming terhadap program yang sudah ada di dalam pikiran kita dengan menggunakan media bahasa. Dalam teorinya Bandler menyatakan bahwa NLP berfungsi sebagai teknik yang cepat dan tepat guna (efektif). NLP berusaha membebaskan otak yang dimiliki, dan juga membantu agar semua data (informasi) yang ada di otak bisa terorganisir dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode hypnoteaching melalui Neuro Linguistic Programming (NLP) terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Desain dengan Pre-test dan Post-Test Control Group Design. Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test. Populasi pada penelitian ini adalah lima kelas X MIA yang ada di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Sampel Penelitian adalah X MIA 1 sebagai kelas kontrol, dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini berupa Angket Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik dan Lembar Observasi (Keterlaksanaan Metode). Validasi instrumen dengan rumus person product moment. Reliabilitas instrumen menggunakna rumus cronbach alpha. Uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T Test, setalah data dinyatakan normal dan homogen dengan bantuan SPSS Statistic 22. Hasil yang diperoleh dari uji paired sample t test adalah nilai sig, (2-tailed) sebesar 0,557 (nilai lebih besar dari 0,05). Sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata antara hasil angket motivasi belajar peserta didik pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dari uji independen sample t test adalah nilai Sig. (2-tailed) pada equal variances assumed sebesar 0,474 > 0,005. Sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil motivasi belajar peserta didik antara metode hypnoteaching melalui NLP dengan metode konvesional. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpukan bahwa tidak ada pengaruh metode hypnoteaching melalui Neuro Linguistic Programming (NLP) dalam meningkatkan motivasi belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 1 Padang Cermin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:16
Last Modified: 20 Jan 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item View Item