EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Novita, Sari (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman konsep merupakan dasar untuk pengembangan materi lebih lanjut. Rendahnya pemahaman konsep fisika dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat terhadap pokok bahasan yang akan diberikan. Suatu konsep akan mudah dikuasai dan diingat oleh peserta didik jika konsep tersebut disajikan melalui prosedur dan langkah-langkah yang tepat serta model pembelajaran yang menarik. Melihat permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menggunakan salah satu alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media multirepresentasi. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media multirepresentasi terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Tekhnik pengambilan sample secara acak dan terpilih dan dipilih dua kelas sebagai kelas Eksperimen dan kelas Control. Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media multirepresentasi dan kelas VIII G sebagai kelas control dengan menerapkan model demonstrasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas yang menggunakan varians terbesar dibandingkan dengan varians terkecil, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut bersifat normal dan homogen, sehingga untuk menguji hipotesisnya menggunakan uji-t, menurut hasil penelitian dan pembahasan penghitungan uji-t diperoleh thitung= 90,847 sedangkan ttabel = 2 oleh karena thitung>ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media multirepresentasi evektiv digunakan dan signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Multirepresentasi, Pemahaman Konsep fisika peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:04
Last Modified: 22 Dec 2020 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item