PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X MATERI GERAK MELINGKAR

Muzannur, M (2017) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X MATERI GERAK MELINGKAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang belum dimanfaatkan secara maksimal bagi dunia pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran , rendahnya kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar berbasis teknologi komputer dan keterbatasan modul konvensional dalam menyajikan materi. Penelitian ini ini bertujuan untuk: (1)mengembangkan dan menghasilkan modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar, (2) Mengetahui kelayakan modul digital interaktif berbasiis Articulate Studio’13 dan (3) mengetahui respon kemenarika siswa terhadap modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yaitu dengan 7 tahapan, yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist untuk mengetahui kualitas modul dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan uji coba respon siswa Hasil penelitian:(1) Menghasilkan modul digital interaktif berbasis articulate studio’13 mata pelajaran fisika materi gerak melingkar. (2) Kelayakan modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkardikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan ahli praktisisangat layak dengan persentase kelayakan masing-masing sebesar 84,67%, 85,56% dan 84,1 %.(3) Respon siswa pada uji coba produk melalui uji coba skala kecil dan skala luas. Hasil persentase kelayakan rata-rata yaitu uji skala kecil 84.4% dan uji coba skala luas 85,0% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar dapat digunakan sebagai modul pembelajaran .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 31 Aug 2017 06:36
Last Modified: 31 Aug 2017 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item