IMPLEMENTASI WAKAF PRODUKTIF GUNA MEMINGKATKAN TARAF HIDUP UMAT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF(Studi di Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dan Yayasan Al Muhsin Lampung)

SABDO, sab (2020) IMPLEMENTASI WAKAF PRODUKTIF GUNA MEMINGKATKAN TARAF HIDUP UMAT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF(Studi di Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dan Yayasan Al Muhsin Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI SABDO FULL FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] PDF
Download (314kB)

Abstract

Wakaf menjadi pembahasan menarik dalam kajian Hukum Islam dan Hukum Positif. Peranannya sangat penting dalam memberikan kemaslahatan dan meningkatkan taraf hidup umat. Dengan legalitas yang kuat dengan terbitnya PP. No. 28 Tahun 1977 tentang Perwakafan Tanah Milik, KHI, UU. No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Dalam konteks penelitian ini ada dua lembaga yaitu PWM Lampung dan Yayasan Al Muhsin Lampung. dengan kajian penelitian aspek implementasi wakaf produktif dalam meningkatkan taraf hidup umat, dengan basis kajian atau rumusan permasalahan; pertama, bagaimana implementasi wakaf produktif PWM Lampung dan Al Muhsin dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif? kedua, bagaimana peluang dan tantangan wakaf produktif? Dan ketiga, bagaimana implementasi wakaf produktif dalam meningkatkan taraf hidup umat ? Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya mengungkapkan data penelitian pada objek dan melakukan analisa data secara kualitatif dari data-data yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara Komparatif kajian hukum Islam dan hukum positif. Untuk mendapatkan kesimpulan tentang implementasi wakaf produktif pada dua lembaga juga dilakukan konfirmasi antara hukum Islam dan hukum positif dengan realitas wakaf produktif kedua lembaga, kemudian dianalisis dengan teori maslahah mursalah serta dengan pendekatan manajemen bagaimana kedua lembaga memanaj kelolaan wakafnya Kesimpulan penelitian ini mencakup tiga hal sebagai jawaban dari rumusan masalah, pertama, implementasi wakaf produktif PWM Lampung dan Yayasan Al Muhsin Lampung, dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif telah sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan. Implementasi ini nampak pada terpenuhinya syarat dan rukun wakaf yang ada dalam hukum Islam yaitu adanya wakif, nazir, dan harta yang diwakafkan, serta juga terpenuhi unsur-unsur wakaf yang disyaratkan dalam undang-undang. Kedua, peluang dan tantangan wakaf Produktif PWM Lampung dan Yayasan Al Muhsin Lampung, Muhammadiyah lebih luas dan Al Muhsin lebih sempit.Adapun tantanganya adalah masih minimnya Sumber Daya Manusia yang fokus dan kapabel mengelola wakaf produktif. Banyaknya aset yang jauh dari nilai produktfitas sehingga pengelola wakaf kesulitan memanfaatkan. Dengan mengacu pada teori maslahah mursalah, PimpinanWilayah Muhammadiyah lebih besar peluangnya. Sedangkan Yayasan Al Muhsin lebih ringan dan kecil tantangannya, karena badan tertinngi strukturnya adalah Badan Wakaf dan kelolaan keuangan satu pintu serta terpadu, sehingga dapat dengan mudah dan cepat meminimalisir kemudharatan. Yang ketiga, implementasi wakaf produktif PWM Lampung dan Al Muhsin dalam meningkatkan taraf hidup umat dapat dilihat dari beberapa hal. Yaitu peningkatan taraf hidup pada pengelola lahan, pegawai, pembagian hasil dan sosial. Yang membedakan antara Muhamamdiyah dan Al Muhsin adalah Muhammadiyah mengelola wakaf

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:27
Last Modified: 02 Dec 2020 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item