EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 NEGARA BATIN WAY KANAN

ELSY, YANI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 NEGARA BATIN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan peta konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment dengan jenis penelitian nonequivalent control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas X MIPA di SMAN 1Negara Batin, Way Kanan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan jenis teknik Cluster Sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan model Cycle 7E berbantuan peta konsep. Untuk melihat keefektifan model pembelajaran menggunakan uji Effect Size. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan PASW 18.00 menunjukkan bahwa, hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diperoleh pada tabel tersebut diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) kurang dari batas kritis 0.05 yaitu (0.000<0.05), maka dapat diputuskan bahwa H1 diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan peta konsep efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Model Pembalajaran Learning Cycle 7E, Peta Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:42
Last Modified: 23 Nov 2020 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item