EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DI SMA NEGERI 1 OGAN KOMERING ULU

AMELIA, WULANDARI (2020) EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING BERBASIS QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DI SMA NEGERI 1 OGAN KOMERING ULU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI AMELIA WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pada kegiatan pembelajaran terdapat proses penstransferan ilmu dari pendidik dan peserta didik sehingga, dalam proses kegiatan pembelajaran pendidik melakukan suatu pendekatan terhadap peserta didik guna memudahkan pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pra penelitian menyatakan bahwa hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran pendidik belum menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memudahkan pendidik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Blended Learning berbasis Quipper School terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Getaran Harmonik. Untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan tes berupa pilihan ganda two-tier sebanyak 22 butir soal dan menggunakan angket blended learning sebanyak 21 pernyataan. Penelitian dilaksanakan Di SMA Negeri 1 Ogan Komering Ulu tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan Quasy Experiment dengan desain non-equivalent control group desaign. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan dari penelitian ini perhitungan uji normalitas, dan uji homogenitas data yang diperoleh homogen dan normal kemudian dilanjutkan uji hipotesis uji parametrik menunjukan taraf signifikansi 0,003 lebih kecil dari Sig < 0,005 yang berarti bahwa Ho ditolak dan HI diterima. Kemudian yang kedua hasil data pada uji hipotesis Self Confidence dengan uji Independent Sample T test menunjukan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari Sig < 0,005 yang berarti bahwa Ho ditolak dan HI diterima. Hasil uji statistik diatas menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi sesudah dan sebelum dilakukannya model pembelajaran Blended Learning berbasis Quipper School terdapat berbedaan. Melihat hasil rata-rata Postest kelas experiment 1 dibandigkan kelas eksperimen 2 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berbasis Quipper School berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pokok bahasan Getaran Harmonik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:03
Last Modified: 05 Oct 2020 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item