Pengaruh Model Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI

Jamilah, Siti (2018) Pengaruh Model Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SITI JAMILAH.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Concept Attainment terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Control Group Design Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Adiluwih Pringsewu dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik Sampling Jenuh yakni kelas eksperimen (XI IPA 2) yang diterapkan model pembelajaran Concept Attainment dan kelas kontrol (XI IPA 1) yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes untuk pemahaman konsep (pretest dan postest) dan untuk keterampilan proses sains menggunakan lembar observasi (LKPD). Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji-t dari hasil posttest pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 53,33 dan kelas eksperimen sebesar 78,63 memperoleh thitung > ttabel (14,71 > 2,015) dan persentase lembar observasi rata-rata kelas kontrol sebesar 30,83 dan kelas eksperimen sebesar 35,22 memperoleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (4,183 > 2,015) dengan ɑ = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model Concept Attainment terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:38
Last Modified: 26 Nov 2018 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item