DAMPAK AKREDITASI PADAMUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Studi di MAN I Lampung Timur,MA Muhammadiyah Purbolinggo dan MA Maarif NU 8 Taman Cari Kabupaten Lampung Timur)

ZUNI INSYI SHOLIKHATI, sho (2020) DAMPAK AKREDITASI PADAMUTU PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH (Studi di MAN I Lampung Timur,MA Muhammadiyah Purbolinggo dan MA Maarif NU 8 Taman Cari Kabupaten Lampung Timur). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Disertasi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of A. Cover ...pdf]
Preview
PDF
Download (854kB) | Preview
[thumbnail of BAB I ...pdf]
Preview
PDF
Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB II ...pdf]
Preview
PDF
Download (910kB) | Preview
[thumbnail of BAB II ...pdf]
Preview
PDF
Download (910kB) | Preview
[thumbnail of daftar Pustaka ...pdf]
Preview
PDF
Download (398kB) | Preview

Abstract

Dampak akreditasi Pada Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah (Studi di MAN I Lam-Tim, MA Muh Purbolinggo dan MA Maarif NU 8). Akreditasi madrasah merupakan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program pada pendidikan formal pada setiap jenjang pendidikan, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil akreditasi madrasah merupakan dorongan bagi guru untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras yang terbaik bagi siswanya di Madrasah Aliyah di MAN 1 Lam-Tim, MA Muh, dan MA Ma’arif NU 8. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dan dokumentasi, analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. tahap Penelitian pra–lapangan, memasuki lapangan, pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi menguji kredibilitas data kepada sumber teknik wawancara. Pertama, Standar isi:1)MAN I Lam-Tim meningkatnya kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang telah ditetapkan. 2) MA Muh meningkatnya kopetensi profesionl guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. 3) MA Ma’arif NU 8 meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat dan terwujudnya dokumen. Kedua, Standar Proses: 1) MAN 1 Lam-Tim tersedianya silabus untuk semua mata pelajaran, buku teks pelajaran sesuai rasio siswa 1:1 dan meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 2) MA Muh yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada rasio siswa. 3) MA Ma’arif NU 8 yaitu tersedianya silabus semua mata pelajaran sebagai pengembangkan perangkat pembelajaran dan meningkatnya kemampuan kopetensi guru. Ketiga, Standar Kompetensi Lulusan: 1) MAN I Lam-Tim meningkatnya upaya madrasah dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan sikap beriman dan bertaqwa. 2) MA Muh meningkatnya kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri.3) MA Ma’arif NU 8 meningkatnya kegiatan pembiasaan pada siswa setiap hari kegiatan ekstrakurikuler. Keempat, Standar Pendidik dan kependidikan: 1) MAN 1 Lam-Tim yaitu meningkatnya kemampuan guru pada pelaksanaan pembelajaran dalam memanfaatkan tehnologi. 2) MA Muh meningkatnya kemampuan kepala madrasah dalam inovasi peningkatan mutu. 3) MA Ma’arif NU 8 kemampuan guru dalam pembelajaran dan pemanfaatan iptek. Kelima, Sapras di: 1) MAN I Lam-Tim terwujudnya 9 prasarana, memiliki perpustakaan dan sarana prasarana lain. 2) MA Muh terwujudnya sarana dan prasarana yang harus dimiliki madrasah namun belum sesuai ketentuan, 3) MA Ma’arif NU terwujudnya sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh madrasah namun belum sesuai ketentuan. Keenam, dampak akreditasi Standar Pengelolaan di 1) MAN I Lam-Tim yaitu madrasah berupaya melakukan evaluasi pelaksanaan visi dan misi madrasah. 2) MA Muh madrasah melaksanakan pengelolaan program pembelajaran dan penilaian hasil belajar. 3) MA Ma’arif NU 8 Madrasah melakukan evaluasi diri dan melaksanakan pengelolaan program pembelajaran. Ketujuh, Standar Pembiayaan di 1) MAN 1 Lam-Tim melaksanakan standar pembiayaan yang disesuaikan. 2) MA Muh madrasah melaksanakan standar pembiayaan dengan pedoman. 3) MA Ma’arif NU 8 madrasah melaksanakan standar pembiayaan sesuai ketentuan. Kedelapan, Standar Penilaian: 1) MAN 1 Lam-Tim meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan kaidah penilaian. 2) MA Muh kemampuan guru menetapkan sesuai penilaian berdasarkan prinsip. 3) MA Ma’arif NU 8 kemampuan guru dalam melakukan penilaian berdasarkan prinsip penilaian.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 10 Jul 2020 04:17
Last Modified: 10 Jul 2020 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item