PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pada SMP di Kota Bandar Lampung)

SITI ROBIYAH, ROB (2020) PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pada SMP di Kota Bandar Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
PDF
Download (298kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
PDF
Download (298kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
PDF
Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (207kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu jalan bagi guru untuk meningkatkan karirnya di bidang pendidikan.. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sendiri mempunyai 3 (tiga) unsur utama yang harus dilaksanakan, yaitu dalam hal Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Dengan adanya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diharapkan guru dapat meningkatkan kinerjanya dalam hal pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk ; (1) Mendeskripsikan pengembangan diri bagi guru PAI di Kota Bandar Lampun, (2) Mendeskripsikan publikasi ilmiah bagi guru PAI di Kota Bandar Lampun, (3) Mendeskripsikan pengembangan karya inovatif bagi guru PAI di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan November 2019 di SMP Negeri dan SMP Swasta di Kota Bandar Lampung. Subyek Penelitian ini adalah beberapa guru PAI SMP di Kota Bandar Lampung, informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP di Kota Bandar Lampung, Ketua MGMP dan Kepala Dinas Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan PKB oleh guru PAI terdiri dari tiga usur kegiatan PKB yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Kegiatan pengembangan diri antara lain mengikuti MGMP, pelatihan, diklat, workshop, seminar dan lainya. Kegiatan publikasi ilmiah berupa karya tulis ilmiah yang sudah sampai tingkat nasional dan buku LKS yang sudah diterbitkan. Karya inovatif antara lain penyusunan standar dan pedoman pembelajaran, penyusunan soal ujian semester, pengembangan silabus, pengembangan RPP, pengembangan bahan ajar serta menyunting kisi-kisi dan soal PAI melalui MGMP. Kegiatan-kegiatan PKB tersebut didukung dengan surat tugas sebagai bukti dan membuat laporan sebagai bukti melaksanakan kegiatan PKB. (2) Kendala guru PAI dalam melaksanakan PKB yaitu adanya permasalahan internal dan eksternal. Permasalahan internal meliputi minat, kemampuan menulis guru seperti menulis PTK, keterbatasan waktu, dan umur. Permasalahan eksternal antara lain kurangnya sosialisasi mengenai PKB, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kurangnya kesempatan untuk mengembangkan profesi secara berkelanjutan. (3) Upaya mengatasi kendala antara lain bertanya dengan teman sejawat, mengkuti MGMP, mengikuti pelatihan, mengadakan sosialisasi PKB, memberikan dorongan dan motivasi kepada guru pelaksana PKB melalui surat tugas mengikuti MGMP, seminar, pelatihan dan lainnya sebagai bentuk perhatian kepada guru, sekolah juga melakukan program pembinaan.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:11
Last Modified: 23 Jun 2020 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item