Tuala, Riyuzen Praja (2017) Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah /Madrasah. (Studi Kasus di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dan Madrasah Aliyah Negeri I (MAN Model) Bandar Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sekolah/madrasah adalah bagian penting dari sistem pendidikan nasional. Persoalan utama yang dihadapi sekolah/madrasah secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan. SMA Al-Kautsar dan MAN 1 Bandar Lampung merupakan lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dari berbagai aspek dan bisa dijadikan rujuk mutu bagi sekolah/madrasah yang lainnya. Dalam penelitian ini akan dikaji manajemen mutu sekolah/madrasah dari tiga standar nasional pendidikan yaitu; Standar Isi, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tandar isi di MAN I Bandar Lampung dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, 2) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar proses di MAN I Bandar Lampung dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dan 3) Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar tenaga pendidik dan kependidikan di MAN I Bandar Lampung dan SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif-deskriptif dan pendekatan fenomenologis-naturalistik. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus yang dilakukan di SMA Al-Kautsar dan Madrasah Aliyah Negeri I (MAN MODEL) Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kasus individu (individual cases) dan analisis data lintas kasus (cross-cases analysis). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui member check, dan diskusi dengan teman sejawat. Berdasarkan data penelitian diperoleh; Manajemen Mutu di SMA Al-Kautsar dan MAN 1 Bandar Lampung memiliki berbagai kesamaan terkait dengan standar isi, standar proses dan standar Tendik; untuk Standar Isi dalam perencanaannya dimulai dari pembentukan Tim Pengembang Kurikulum, perumusan kerangka dasar kurikulum berdasarkan landasan filosofis, yuridis dan teoritis, penyusunan struktur kurikulum dan standar kompetensi berdasarkan Kurikulum Nasional. Seluruh perencanaan standar isi tersebut diimplementasikan dalam bentuk perumusan visi, misi, tujuan dan program sekolah. Evaluasi standar isi dilakukan terkait dengan rencana dan implementasi visi, misi, tujuan dan program sekolah. Manajemen mutu standar proses dimulai dari penyusunan silabus, RPP, bahan ajar dan alat evaluasi yang dilakukan oleh guru. Pelaksanaan standar proses dilakukan oleh guru dalam rangka mengimplementasikan standar isi dan seluruh rencana pembelajaran. Evaluasi proses dilakukan oleh guru meliputi evaluasi perencanaan proses yang sudah dibuat, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Manajemen mutu pada standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilakukan untuk memenuhi kuantitas dan kualitas tenaga pendidik melalui rekrutmen dan seleksi. Untuk MAN 1 Bandar Lampung rekrutmen dan seleksi adalah kewenangan Kementrian Agama sedangkan SMA Al-Kautsar dilakukan oleh pihak yayasan. Pelaksanaan program peningkatan mutu tenaga pendidik di MAN 1 Bandar Lampung mengacu pada kebijakan Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan SMA Al-Kautsar lebih fokus pada otonomi sekolah dan yayasan. Untuk mengakomodir kuantitas dan kualitas guru, SMA Al-Kautsar dan MAN 1 Bandar Lampung melakukan evaluasi pada tenaga pendidik sehingga diperoleh data jumlah guru yang memenuhi standar minimal, guru yang lulus uji kompetensi, guru bersertifikat, dan guru yang menguasai IT. Kata Kunci: Manajemen, Peningkatan Mutu, Sekolah/Madrasah
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 08:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 05:48 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |