Parmana, Media (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR LAUT BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap Madrasah memiliki sarana dan prasarana, baik itu memadai atau tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan ini dimaksudkan dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan 4 cara yaitu, triangulasi sumber data, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi teori. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh lima kesimpulan sebagai berikut: yang pertama, Perencanaan pengadaan kebutuhan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung tidak selalu melihat kebutuhan yang ada. Pelaksanaan perencanaan kebutuhan dilakukan kapan saja semua dilakukan tidak menentu, hanya dilakukan apabila ada pencairan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Penentuan kebutuhan disertai oleh seleksi dari Kepala Madrasah. Penyeleksian kebutuhan dipertimbangkan atas mana yang sangat penting, mana yang belum penting dan mana yang tidak penting. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah mengenai anggaran dana BOS yang diterima oleh Madrasah. Yang kedua tahap pengadaan, dalam tahap ini Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung selalu menyesuaikan dengan rencana yang telah disusun. Sesuai dengan ketentuan dalam perencanaan tersebut, maka didalam pengadaan sarana juga akan menyesuaikan kebutuhan secara nyata mana yang paling penting untuk didahulukan baik alat pembelajaran, gedung dan lain sebagainya. Kegiatan pengadaan hanya menggunakan anggaran dari dana BOS saja. Yang ketiga tahap pemakaian, pemakaian ataupun penggunaan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung dalam kaitannya dengan hal tersebut tidak ada prosedur resmi ataupun aturan-aturan tertulis dalam penggunaan sarana dan prasarana, karena semua warga Madrasah mempunyai hak yang sama dalam penggunaan sarana dan prasarana yang ada dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dan barang yang digunakan ada 2 jenis, yaitu barang habis pakai dan barang tidak habis pakai. Yang keempat dalam pengurusan atau pencatatan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung semua warga Madrasah merupakan penanggung jawab atas pengurusan sarana dan prasarana. Berkaitan dengan bagian inventarisasi keseluruhan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Sinar Laut Bandar Lampung belum ada pencatatan, dikarenakan tidak ada petugas khusus dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Dan yang terahir yaitu pertanggungjawaban, pada tahap ini seluruh warga Madrasah merupakan penanggungjawab sarana dan prasarana. Selain itu juga melakukan pertanggungjawaban dengan jalan membuat laporan inventarisasi. Laporan tersebut hanya berupa laporan pertanggungjawaban (LPJ) BOS yang berisi laporan tertulis seperti pembelian komputer dan ditunjukan kepada Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 19 Jul 2017 02:43 |
Last Modified: | 19 Jul 2017 02:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/826 |
Actions (login required)
View Item |