Gustina, Meri (2017) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IJTIHAD BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kepala Madrasah dalam menjalankan kepemimpinanya selalu menemukan berbagai problematika yang berkenaan dengan kompetensi guru, staf dan peserta didik. Sebagai upaya mencari solusi atas berbagi persoalan pendidikan yang dihadapi, Kepala madrasah perlu menerapkan suatu manajemen yang professional sehingga akan berimbas dalam pengembangan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar. Kepala MI AL-Ijtihad Bandar Lampung telah menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam hal pengelolaan (manajemen) lembaga pendidikan khususnya dalam hal manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru. Permasalahan dalam penelitian ini, “apa saja peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ijtihad Bandar Lampung dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dari pengembangan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ijtihad Bandar Lampung”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan/lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Kepala Madrasah sangat berperan dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di MI Al-Ijtihad Bandar Lampung hal ini dapat dilihat dari indikasi yaitu mengadakan kunjungan kelas, mengadakan kunjungan observasi, membimbing guru-guru dalam mengatasi problema yang dialami siswa, membimbing guru-guru dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum sekolah, mengadakan pertemuan atau rapat, mengadakan diskusi kelompok, dan mengadakan penataran-penataran. Factor yang mendukung peran Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di MI Al-Ijtihad Bandar Lampung adalah adanya sistem kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kepala Madrasah MI Al-Ijtihad Bandar Lampung. Sedangkan factor yang menghambat dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru yaitu kurangnya sikap kedisiplinan guru dan kurangnya dukungan dana yang memadai khususnya dalam meningkatkan pengembangan kompetensi pedagogik guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 19 Jul 2017 02:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2017 02:17 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/824 |
Actions (login required)
View Item |