Setiyo, set (2019) SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMK NEGERI DI PROVINSI LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (87kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (104kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (780kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (685kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (685kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (281kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (120kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (251kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (17kB) | Preview |
Abstract
Supervisi akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) pada satuan pendidikan di sekolah meliputi penyusunan program pengawasan, melaksanakan pembinaan, pemantauan penerapan Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, penilaian hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaporan pelaksanaan tugas pengawasan. Namun kenyataannya di lapangan tugas pengawas PAI pada SMK tersebut belum dapat dilaksanakan secara maksimal, oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan supervisi akademik Pengawas PAI dalam melaksanakan penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pembimbingan dan pengembangan profesional guru PAI, pemantauan penerapan Standar Nasional PAI, penilaian pelaksanaan program pengawasan, dan pelaporan pelaksanaan program pengawasan PAI SMK di Provinsi Lampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif, sumber data diperoleh dari 9 orang pengawas PAI dan beberapa guru, dan metode pengumpul data melalui wawancara/ intervieu dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam pada SMK di Provinsi Lampung: (1) penyusunan program pengawasan Program Tahunan, Program semester dan Rencana Kerja Akademik(RKA), telah disusun secara bersama-sama dan berkolaborasi dengan pengawas satuan/madrasah di Kemenag Kabupaten/ Kota masing-masing, hal ini dipandu oleh Ketua kelompok kerja pengawas (Pokjawas) dan pengawas senior berdasarkan pada buku panduan kerja pengawas sekolah/madrasah yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Jakarta. (2) pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) telah melaksanaan pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesional guru tetapi belum maksimal, hal ini terlihat pada pengembangan profesional guru melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Penelitian Tindakan Sekolah, penyusunan karya tulis ilmiah dll. (3) pelaksanaan pemantauan penerapan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada SMK dilaksanakan bersamaan adanya akreditasi sekolah/ madrasah, pengawas Pendidikan Agama Islam diminta oleh sekolah untuk membantu penyiapan dokumen kelengkapan akreditasi. (4) Pengawas Pendidikan Agama Islam telah melaksanakan penilaian kinerja guru setelah akhir semester ganjil/genap, beban tugas pengawas 37,5 jam per-minggu tidak terpenuhi di sekolah, pembinaan dan pembimbingan dilakukan dengan cara online, (5) Untuk pelaporan pengawasan Pendidikan Agama Islam seperti laporan bulanan dan laporan semester tidak bisa tepat waktu, karena pelaporan dilaksanakan pada akhir semester genap sambil menunggu cairnya tunjangan sertifikasi, dan lain-lain. Laporan secara lengkap dibuat oleh pengawas akademik apabila akan mengusulkan kenaikan pangkat. Meskipun demikian pengawas PAI dalam melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya senantiasa dapat menjaga hubungan yang harmonis baik dengan Kepala Sekolah maupun dengan para guru-guru sehingga kehadiran pengawas PAI di sekolah sangat diharapkan.
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M. Najib Ali |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 06:30 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 06:30 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7747 |
Actions (login required)
View Item |