Nita, Desta Marta (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT Sepakat Sejahtera Bersama Cabang Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman di Indonesia, maka system perekonomian semakin berkembang. Salah satu faktor penting dalam perekonomian adalah pemasaran. Berbagai perusahaan menggunakan pemasaran untuk meningkatkan penjualan barang atau jasanya termasuk perbankan maupun lembaga keuangan mikro seperti BMT. Kemunculan BMT sebagai organisasi yang relative baru menimbulkan tantangan besar. Sebagai Lembaga Keuangan Syariah, BMT harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah. BMT ini merupakan salah satu alternative pengembangan ekonomi masyarakat sehingga perlu ditumbuhkembangkan sebagai salah satu alternative lembaga perekonomian rakyat. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran produk yang diterapkan BMT Sepakat Sejahtera Bersama dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan bagaimana perspektif Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk yang diterapkan BMT Sepakat Sejahtera Bersama dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Tujuan dari penilitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh BMT Sepakat Sejahtera Bersama dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan bagaimana perspektif Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran produk yang diterapkan BMT Sepakat Sejahtera Bersama dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode pengumpalan data dalam penilitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Sepakat Sejahtera Bersama Cabang Sukarame Bandar Lampung menggunakan strategi-strategi yang terdiri dari komponen Bauran Pemasaran yaitu Produk, Harga, Tempat, dan Promosi. Strategi pemasaran pada produk ditunjukan dengan adanya produk unggulan yaitu produk Murabahah, Simpanan walimah, Simpanan Pendidikan serta Simpanan Berjangka (Deposito). Penetapan harga yang menyesuaikan dengan kemampuan nasabah. Strategi tempat dilakukan dengan memilih lokasi yang terjangkau bagi nasabah dan calon nasabah. Sementara, strategi promosi yang dilakukan adalah meluruskan niat, jemput bola, pelayanan yang baik, memperluas jaringan kerjasama dan periklanan seperti penyebaran brosur. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Sepakat Sejahtera Bersama sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip Ekonomi Islam yaitu Adl dan Takaful.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:58 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
View Item |