ROMDHONI, AKHMAD MASHDARUL KHAKIM (2018) EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang menunjukkan bahwa terdapat peserta didik yang mengalami kurangnya aktifitas dalam berkomunikasi. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif diharapkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas X dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yan berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan penyebaran angket. Untuk menganalisis data digunakan teknik penelitian tindakan kelas. 23 Hasil analisis data komunikasi interpersonal menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh Zhitung= -2.805 < Ztabel 0,05 = 1,645, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Presentase komunikasi interpersonal yang ditunjukkan peserta didik pada awalnya menunjukkan angka dibawah 53%, namun setelah diberikan konseling komunikasi interpersonal peserta didik menunjukkan presentase diatas 75. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal pada peserta didik pada siswa kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 03:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 03:08 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5007 |
Actions (login required)
View Item |