Pramudya Utama, Esen (2017) Keterampilan Human Relation Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Masters thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() Preview |
PDF
Download (254kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (246kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (361kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (142kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (426kB) | Preview |
![]() Preview |
PDF
Download (115kB) | Preview |
![]() |
PDF
Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya. Untuk itu dalam melaksanakan kepemimpinan, seorang pemimpin dituntut memiliki keterampilan manajerial, diantaranya ialah technical skill, human relation skill dan conceptual skill. Bentuk keterampilan human relation ialah komunikasi kepala madrasah, yaitu proses menyampaikan informasi (pesan) kepada guru dan dapat melaksanakan informasi tersebut kepada dirinya dan anak didik. Seorang kepala madrasah memang memiliki tuntutan tinggi terkait dengan keterampilan (skill) komunikasi yang dimiliki dalam melaksanakan tugasnya memimpin madrasah dan sekaligus menjadi tonggak keberhasilan dalam membina dan mengontrol kinerja guru dan pegawai untuk kemajuan madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan human relation skill yang dilaksanakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana yang dikemukakan di atas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Bagaimana Keterampilan Human Relation Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung?". Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah berjumlah 4 orang, guru berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan sampel purposive dan snow ball sampling, artinya sampel penelitian tidak ditetapkan secara tegas, yang penting di sini informasi dapat diperoleh sebanyak-banyaknya dari responden dalam rangka untuk memenuhi data yang diperlukan. Sedangkan analisa data terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dengan melakukan interpretasi data, verifikasi data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah MTs Negeri 2 Bandar Lampung telah melaksanakan kemampuan manajerial human relation skill dengan memperhatikan aspek efektivitas komunikasi sehingga kinerja guru di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dapat meningkat meliputi prestasi kerja guru yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 07:13 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 07:13 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |