Diharja, Prawira (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI SISWA DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (16MB) | Preview |
Abstract
Secara falsafati, pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi dirinya, bagi sesama, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya. Dalam UU Sisdiknas, menjadi bermanfaat itu dirumuskan dalam indikator strategis, seperti beriman-bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam memenuhi kebutuhan kompetensi abad ke-21, UU Sisdiknas juga memberikan arahan yang jelas bahwa tujuan pendidikan harus dicapai salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi lulusan program pendidikan harus mencakup tiga kompetensi, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga yang dihasilkan adalah manusia seutuhnya. Dengan demikian, tujuan pendidikan nasional perlu dijabarkan menjadi himpunan kompetensi dalam tiga ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Hadirnya Kurikulum 2013, kompetensi lulusan dalam ranah keterampilan dirumuskan sebagai ”memiliki (melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta) kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif, dalam ranah konkret dan abstrak, sesuai yang ditugaskan kepadanya.” Kompetensi semacam ini tak akan tercapai bila pengertian kurikulum diartikan sempit, tak termasuk metodologi pembelajaran. Proses pembentukan kompetensi itu sudah dirumuskan dengan baik melalui kajian para peneliti, dan akhirnya diterima luas sebagai suatu taksonomi. Pemikiran pengembangan Kurikulum 2013 seperti diuraikan di atas dikembangkan atas dasar taksonomi-taksonomi yang diterima secara luas, kajian KBK 2004 dan KTSP 2006, dan tantangan abad ke-21 serta penyiapan Generasi 2045. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI siswa SMA N 5 Bandar Lampung. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung proses pelaksaan kurikulum 2013 di tataran sekolah terutama sekolah yang sudah mampu untuk menerapkankannya. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskiptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang diproleh dari hasil interview, obsevasi dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan deduktip selanjutnya data disimpulkan agar memproleh hasil dari impelementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI siswa SMA N 5 Bandar Lampung Selanjutnya penelitian tentang Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI siswa SMA N 5 Bandar Lampung meberikan kesimpulan bahwa salah satu keberhasilan pendidikan adalah pada kurikulumnya juga diibangi kemampuan guru yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:21 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 07:21 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |