Fikrian, Mukhlis (2018) ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2014). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (128kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (140kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (317kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (137kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Terjadinya globalisasi yang didorong oleh perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam hidup. Seperti perkembangan di bidang komputer dan internet yang melahirkan media sosial. Media sosial merupakan platform untuk berbagi konten berupa pesan melalui perantara piranti Web 2.0. Saat ini, media sosial Instagram menjadi media populer di dunia termasuk di Indonesia. Karena banyaknya pengguna Instagram dan kemudahan aksesibilitasnya membuat Instagram mengalami pergeseran pemanfaatan sebagai media berwirausaha. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran media sosial instagram terhadap minat berwirausaha mahasiswa pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung? (2) Bagaimana peran media sosial Instagram terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung dalam perspektif Ekonomi Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran media sosial Instagram terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa dalam perspektif eknomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden yang menjadi sampel berjumlah 85 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasi dan data sekunder meliputi dokumen dan arsip FEBI. Metode analisis data berupa regresi linear berganda dengan variabel Komunitas Online (X1), Interaksi (X2), Aksesibilitas (X3), Kredibilitas (X4) dan Minat Berwirausaha (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Media Sosial Instagram (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha (Y). Sedangkan secara parsial, variabel interaksi (X2) dan variabel kredibilitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha (Y). Adapun variabel komunitas online (X1) dan variabel aksesibilitas (X3) tidak berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha (Y). Media sosial Instagram memberikan pengaruh sebesar 31,3% terhadap minat berwirausaha. Islam memberikan pedoman bahwa bermuamalah dihukumi boleh bila tak ada dalil yang mengharamkan, termasuk dalam berwirausaha. Dimensi media sosial Instagram mendorong mahasiswa dalam berwirausaha untuk menjaga hubungan (silaturahim) dengan pelanggan, memberikan informasi yang relevan dan jujur (shiddiq), kemudahan penggunaan serta membangun kepercayaan (amanah), di mana seluruhnya sejalan dengan praktek berwirausaha yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Minat Berwirausaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 02:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 02:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4755 |
Actions (login required)
View Item |